Unsera : 111 Tahun Buya Hamka, Menapaktilasi Perjalanan Hidupnya

Unsera : 111 Tahun Buya Hamka, Menapaktilasi Perjalanan Hidupnya

0
BAGIKAN
Peneliti DDII & Mercusuar Institut memberikan kajian 111 Buya Hamka

 

Serang (19/01/2019). Universitas Serang Raya (Unsera)  mengadakan peringatan 111 tahun Buya Hamka. Bertepatan dengan agenda Unsera Vagansa yang diadakan setiap tahun.

Menghadirkan dua pembicara dari Mercusuar Institut dan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia, kegiatan kajian Islam berjalan antusias.

Hadi Nur Ramadhan, Peneliti DDII Pusat menguraikan poin-poin penting peran Buya Hamka dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. “Jika ingin mengenal Indonesia, maka kita harus mengkaji buku-buku Buya Hamka.” ujar Hadi kepada BantenInfo.com (18/01/2019).

Founder Pusat Dokumentasi Islam Indonesia Tamaddun ini menambahkan, ¬†“Belajar dari Buya Hamka, ada tiga hal terpenting yang harus di lakukan generasi muda. Pertama memiliki minat dan cinta pada buku. Kedua menghasilkan karya tulis, sebagai warisan. Dan ketiga membangun jaringan dakwah yang kuat.”

Baca Juga :   Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud Menggelar Pertemuan Dengan Beberapa Tokoh Islam Indonesia

Di kesempatan terpisah, Jemmy Ibnu Suardi peneliti Mercusuar Institut menjelaskan tentang perjalanan dan perjuangan hidup Buya Hamka.

“Di usianya yang masih sangat muda, 18 tahun Buya Hamka sudah pergi ke Mekkah untuk berhaji dan belajar pada ulama-ulama besar di Mekkah.” jelas Jemmy.

Jemmy mengatakan, Buya Hamka di akhir hayatnya memberikan legacy penting untuk generasi muda. Ketika berpolemik dengan Menteri Agama Alamsjah Prawiranegara, soalan Natal bersama. Buya Hamka memilih mundur dari jabatan ketua Majelis Ulama Indonesia, daripada kompromi dengan kemungkaran.

Buya Hamka juga menunjukkan jiwa besar yang hebat. Bung Karno memenjarakan Buya Hamka selama dua tahun lebih, tapi diakhir hayat Bung Karno, justru Buya Hamka yang menjadi imam sholat jenazahnya.

Baca Juga :   Orang-Orang Tiongkok di Masa Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1683)

Salah satu panitia Unsera Vagansa, Alamsyah mengatakan, kegiatan kajian Islam ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam beragama.

“Kami ingin nuansa Islam hadir dalam even Unsera Vagansa, dan sosok Buya Hamka adalah penting untuk diperhatikan,” ujar Alamsyah ketua LDK Unsera.

 

 

 

Wartawan : Fitra / Editor : Fitra

TINGGALKAN KOMENTAR

12 − 2 =