Solusi Mengatasi Perut Buncit

Solusi Mengatasi Perut Buncit

0
BAGIKAN
Foto: Ilustrasi perut buncit / makassar.tribunnews.com

Perut buncit menjadi salah satu keluhan banyak orang masa kini, terutama para pria. Bahkan ada yang mengaku sudah olahraga namun lemak-lemak dalam perut itu tidak sirna.

Berbagai macam diet pun sudah dilakukan, namun perut juga tak kunjung rata. Duh, nggak banget kan punya perut buncit.

dilansir dari detikHealth merangkum dari berbagai sumber, enam kebiasaan ampuh di pagi hari yang bisa kamu lakukan untuk mengubah perut buncitmu jadi rata.

1. Sarapan!

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa melewatkan sarapan pagi bisa membuat seseorang makan lebih banyak pada siang hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang selalu sarapan pagi cenderung memiliki tubuh lebih kurus dan kecil kemungkinan untuk mengaami kelebihan berat badan atau obesitas.

Untuk membantu menghilangkan kebuncitan perut secara efektif, sebaiknya sarapan dengan kombinasi protein, karbohidrat sehat, dan lemak sehat.

2. Minum air hangat

Para ahli merekomendasikan minum air hangat saat perut masih kosong di pagi hari. Ini akan membantu meningkatkan pencernaan, membersihkan tubuh dari racun, dan meningkatkan pergerakan usus.

Baca Juga :   Memperkosa Negeri Dalam Kendali Sistem Ekonomi Global

Minum air hangat juga bisa meningkatkan suhu tubuh yang memengaruhi peningkatan laju metabolisme. Ini memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori, dengan demikian membantu penurunan berat badan.

3. Pilih kopi organik

Kopi menjadi teman baikmu setiap pagi? Tak masalah, karena kopi pun memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tetapi sebaiknya memilih kopi yang organik daripada kopi yang mengandung gula berlebih.

Selain membakar lemak, kafein organik dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kinerja atletik, mencegah diabetes tipe 2, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan jantung. Tapi tetap, jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

4. Berjemur

Biasanya sinar matahari pagi kerap diabaikan. Padahal menghabiskan beberapa menit di luar untuk mendapatkan sinar matahari yang hangat dapat membantu penurunan berat badan.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa paparan sinar matahari pada waktu pagi memiliki pengaruh pada berat badan. Selain itu, paparan sinar matahari juga cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Baca Juga :   Tradisi Maulid Nabi dan Syi'ahisasi

5. Olahraga dong

Olahraga juga pasti membantu mengecilkan perut. Jadi cobalah luangkan waktu setidaknya 10 menit setiap pagi untuk minimal naik turun tangga.

Beberapa gerakan olahraga yang dilakukan secara rutin setiap pagi bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Naik transportasi umum

Nah, buat yang pergi kerja dengan mengendarai kendaraan pribadi, coba beralihlah pada transportasi umum yang sudah disediakan atau mulai bersepeda ke kantor.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum dapat dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah dan mengurangi risiko kenaikan berat badan.

7. Puasa

Puasa merupakan menahan hawa nafsu dari segala bentuk yang memakruhkan atau membatalkan. Dengan puasa, organ energik tubuh melakukan kerja tidak terlalu keras dan bisa membakar lemak-lemak yang mengganggu. Oleh sebab itu, puasa merupakan salah satu solusi diet yang tepat.

 

Wartawan: Wandi / Editor: Fitra Nugraha

TINGGALKAN KOMENTAR

8 + fifteen =