Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud Menggelar Pertemuan Dengan Beberapa Tokoh...

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud Menggelar Pertemuan Dengan Beberapa Tokoh Islam Indonesia

0
BAGIKAN

Banteninfo (Nasional)- Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menggelar pertemuan dengan beberapa tokoh Islam Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (2/3) siang bersama Presiden Joko Widodo.

Hadir 34 orang ulama dalam pertemuan itu. Mereka adalah perwakilan dari sejumlah pondok pesantren dan organisasi Islam, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Mathla’ul Anwar (MA), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan lain sebagainya.

Pertemuan digelar tertutup di dalam istana dan berlangsung sekitar 10 menit saja. Hanya tiga orang perwakilan yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya di depan Raja Salman. Yaitu Ketua Umum MUI KH Ma’aruf Amin, Ketua MUI Jawa Tengah Habib Luthfi bin Yahya, dan Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas.

Poin-poin yang disampaikan oleh Raja Salman seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Mathla’ul Anwar Kyai Sadeli Karim,Lc adalah :

Presiden Jokowi : “Selamat datang kembali kepada yang mulia raja salman dan membuka acara serta memandu dialog antara raja salman dengan para tokoh ulama Indonesia”.

“Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud, sekali lagi saya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Yang Mulia di Istana Merdeka, Jakarta. Selamat datang juga kami sampaikan kepada yang terhormat, Yang Mulia para alim ulama serta para tokoh Muslim Indonesia,”

Baca Juga :   Orang-Orang Tiongkok di Masa Sultan Ageng Tirtayasa (1651-1683)

Presiden Jokowi:  “Menyampaikan rasa syukurnya terkait dengan pengembalian kuota haji Indonesia menjadi 211 ribu jamaah.

Jumlah tersebut kemudian ditambahkan lagi oleh Raja Salman hingga menjadi 221 ribu jamaah.

“Sekali lagi atas nama umat Islam Indonesia, saya ingin menyampaikan terima kasih atas tambahan kuota haji Indonesia dari 168 ribu, alhamdulillah, bisa menjadi 211 ribu mulai tahun ini. Artinya ada tambahan 43 ribu. Ditambah lagi tambahan kuota sebanyak 10 ribu jamaah haji untuk tahun 2017. Total tambahan berarti 53 ribu”.

Selanjutnya Presiden Jokowi memandu acara yang berlangsung singkat.

Raja Salman  : “Mengucapkan terima kasih atas sambutan rakyat Indonesia yang meriah dan hangat.

Raja Salman  : “Kami berkeinginan membangun perguruan tinggi, mempererat hubungan antara Saudi dengan Indonesia”.

Presiden Jokowi : “Mempersilahkan ulama untuk menyampaikan aspirasi atau pertanyaan kepada para ulama”

KH Ma’aruf Amin (MUI), dalam bahasa Arab yang fasih : “Mengucapkan selamat datang kepada raja salman, dan bersyukur atas kedatangan Raja Salman ke Indonesia, kami berharap kerjasama dalam bidang pendidikan, dakwah dan ekonomi terus ditingkatkan”.

Baca Juga :   Tokoh MA KH. Hafidz, Apresiasi Gerakan Program Suling Emas Komando PCI di Masjid Al-Islah

Raja Salman :” Kami ini adalah rakyat pekerja, dan kita ini bersaudara, kami siap membantu Indonesia dan muslim di seluruh dunia”, kami konsisten dan akan menepati janjinya”. (disambut tepuk tangan oleh para ulama yang hadir)

Raja Salman :” Umat islam di Indonesia dan di Saudi adalah saudara, kami juga berdasar Al-qur’an dan Ass-sunah”.

Pertemuan itu dihadiri pula oleh Imam Masjid Istiqlal dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Raja Salman naik dalam satu mobil bersama Jokowi saat bertolak ke Istana Merdeka. Sebelum menemui sejumlah ulama tersebut, Raja Salman singgah ke Masjid Istiqlal untuk menunaikan salat tahiyatul masjid.

Usai pertemuan, Raja Salman dan Presiden Jokowi berfoto bersama dengan para ulama yang hadir. Agenda kemudian dilanjutkan dengan menanam pohon kayu besi di taman belakang istana.

Terdapat beberapa rombongan Kerajaan Arab Saudi yang dijadwalkan akan berkunjung ke Kantor Ormas Islam, termasuk ke Kantor Pengurus Besar Mathla’ul Anwar di Pasar Rebo Jakarta Timur.

Dokumentasi resmi pertemuan Raja Salman dengan para Ulama, yang akan dicatat dengan tinta emas dan selalu dikenang oleh umat Islam di kedua negara.

TINGGALKAN KOMENTAR

nineteen + 3 =