Peserta DM 3 KAMMI Banten Tawarkan Transformasi Gerakan

Peserta DM 3 KAMMI Banten Tawarkan Transformasi Gerakan

0
BAGIKAN

Pandeglang (16/01/21) – PW KAMMI Banten mengadakan kegiatan Daurah Marhalah 3 yang diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, kegiatan ini berlangsung selama 6 hari yang dibuka di DPRD Provinsi Banten (17/12/21) dan rangkaian agenda berlangsung dan berakhir di gedung BPSDMD Provinsi Banten (22/12/21).

Pada kegiatan ini, para peserta merumuskan beberapa masalah dan menawarkan solusi dalam rangka transformasi gerakan KAMMI.

Sebagai organisasi pergerakan sejak tahun 1998, KAMMI tidak luput dari dinamika persoalan yang ada di internal maupun eksternal.

Para peserta DM 3 Banten 2021 melihat KAMMI belum mampu secara optimal memetakan dan mengarahkan kader ketika pasca kampus, sehingga tidak ada jaminan gabung KAMMI bisa terjamin kehidupan karir mahasiswa ketika selesai kuliah.

Baca Juga :   Tabur Bunga, Mahasiswa Menilai WH-Andika Gagal

Dalam hal kajian strategis dan kebijakan publik, KAMMI lebih banyak menyuarakan persoalan yang sifatnya ideologis. Isu yang sering diangkat tidak menyentuh kehidupan masyarakat kelas menengah bawah

Contohnya seperti isu climate change (perubahan iklim), reforma agraria, pencegahan korupsi, dan semacamnya masih jarang sekali dibahas.

Terakhir yaitu stagnansi gerakan. Dari banyaknya kader, tidak banyak yang berminat mengikuti aksi demonstrasi maupun aksi sosial.

Hal tersebut salah satunya terjadi karena pergeseran budaya akibat pengaruh media sosial.

Dari beberapa masalah KAMMI yang telah dihimpun, peserta Daurah Marhalah 3 KAMMI Banten merumuskan dan menawarkan transformasi gerakan KAMMI yang berisi:

1. Tawaran paradigma baru: Gerakan kesadaran ekologi.Kami berharap dengan cara pandang ini, kader KAMMI dapat lebih peka dengan kondisi lingkungan alam maupun sosial masyarakat secara menyeluruh
2. Tawaran Agenda eksternal KAMMI: Menargetkan 10.000 kader sekolah ke luar negeri dan mendorong kader KAMMI untuk terlibat dalam forum internasional
3. Tawaran agenda internal KAMMI: Membentuk forum mentor atau komander yang berfokus pada pengembangan kepakaran dan profesionalisme; Membentuk yayasan beasiswa atau asrama Muslim Negarawan. Ini bertujuan untuk meningkatkan militansi, kualitas pengkaderan dan kuantitas rekrutmen; dan Mengagas kaukus AB 3 secara berkala yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan menentukan arah gerak KAMMI secara luas dan kompleks.

Baca Juga :   Formatur Kepengurusan Organisasi Sayap Partai PBB Provinsi Banten Akan Dikukuhkan

Tawaran tersebut dirumuskan oleh peserta Daurah Marhalah 3 Banten sebagai bentuk masukan kepada Pengurus KAMMI, baik di pusat, wilayah, maupun daerah agar dapat melakukan transformasi gerakan secara berkala. (MAS/001)

TINGGALKAN KOMENTAR

4 × 3 =