Membangun Sinergi Gerakan Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Membangun Sinergi Gerakan Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

0
BAGIKAN

Oleh Andri Nuari Riansyah

Opini (Banteninfo.com)- Organisasi atau Komunitas bukan hanya sekedar kumpul dan punya jabatan, hari ini kita masih berada didalamnya karena kita masih meyakini bahwa organisasi tersebut memberikan sebuah kebermanfaatan untuk diri kita dan sesama. Saya meyakini bahwa jalan inilah yang akan mengantarkan kita menuju kesuksesan. Disaat sebagian besar anak-anak muda dilenakan dengan budaya hedonisme dan konsumtif, tetapi kita tengah disibukan dengan segudang aktifitas untuk menjadikan diri kita dan negeri ini menjadi lebih baik.
Organisasi/Komunitas sangat berperan dalam perubahan negeri?kok belum terasa?

Ya, Kita mengingat pasca 98 gerakan pemuda hampir nyaris tak terlihat berdampak besar untuk perubahan negeri. Bukan tidak ada, tetapi gerakan pemuda saat ini sudah mentransformasi menjadi gerakan sosial yg kreatif. Gerakannya dikemas dengan program-program kekinian yang lebih asik.

Baca Juga :   Trend Pariwisata Banten

Ada sesuatu yang hilang kah?
Setiap harinya organisasi atau komunitas bertambah bahkan sampai pada tataran RT(Rukun Tetangga). Itu artinya semakin banyak stakeholder yang berkualitas didalamnya. Namun apa artinya banyak jika tidak saling berSINERGI dan apa artinya semangat jika tidak terARAH.

Sinergi adalah satu kata yang menurut saya akan menjadi win win solution dalam upaya menjadikan negeri ini lebih baik lagi. Kita sering berfilosofi tentang sebatang sapu lidi yang akan lebih kuat dengan banyak dan dihimpun dalam satu bentuk sapu. Saat sebatang sapu lidi terhimpun dengan kuat maka akan lebih mudah untuk membersihkan kotoran. Kiranya kita dapat mengambil pelajaran terbaik dari filosofi diatas. Bahwa negeri ini membutuhkan kita (organisasi atau komunitas) yang saling bersinergi bahu membahu untuk membangun negeri tercinta.

Baca Juga :   Kotak Kosong, Pragmatisme Partai Politik dan Ancaman Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

3 × 2 =