KKM 138 Untirta Gelar Pelatihan Hidroponik

KKM 138 Untirta Gelar Pelatihan Hidroponik

0
BAGIKAN
Foto ilham/banteninfo

Serang – Kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 138 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menggelar pelatihan hidroponik, bertempat di Rumah kreatif yang berada di Kampung Pipitan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Jumat (26/07).

Hadir juga Riyan Syarif Hidayatulloh owner Riyan Farm yang memberikan pemaparan terkait penanaman tumbuhan menggunakan teknik hidroponik.
“Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman,” ujarnya.

“Biasanya hidroponik menggunakan pipa, tapi pake botol plastik bekas juga bisa kok. Jadi kita bisa menekan limbah plastik terutama botol plastik jadi bisa digunakan lagi,” katanya kepada banteninfo.com sesuai memberikan materi kepada warga pipitan.

Baca Juga :   Lagi, Geruduk Literasi Komunitas Sepeda dan Musang Hadir di Walantaka

Menurut Eka Darisnadi Ketua Kelompok KKM 138 Untirta menjelaskan program kerja memfokuskan kepada lingkungan dan pariwisata yang ada di Kelurahan Pipitan. “Program kerja kami memfokuskan pada lingkungan dan pariwisata, karena Kelurahan Pipitan ini akan menjadi delegasi sebagai Kota Sehat Nasional, maka dari itu dengan diadakannya seminar serta pelatihan hidroponik merupakan salah satu bentuk konkrit serta hasil dari pada pelatihan ini kami akan membuat garden vertikal,” jelasnya.

Ia menambahkan fokus selanjutnya yaitu terhadap pengelolaan sampah yang belum maksimal. “Kawmi memanfaatkan limbah plastik, khususnya botol plastik sehingga kedepannya warga dapat memahami bahwa botol plastik itu bisa digunakan untuk tempat bercocok tanam setelah kegiatan seminar hidroponik ini,” imbuhnya.

Baca Juga :   Empat warga Tewas akibat banjir Bandang di Pandeglang

“Kami berharap, setelah kegiatan KKM ini tetap berlanjut pengelolaan vertikal garden dan kebun toga (tanaman obat keluarga) serta kepeduliannya terhadap menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting,” pungkasnya.

Sementara itu, Dedi (40) salah satu warga sangat senang dan mengapresiasi mahasiswa yang berada dilingkungannya. “Seneng ngeliat mahasiswa ngadain kegiatan kaya gini, jadi nambah wawasan kita. Mereka juga sopan dan ramah sama warga. Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran mereka disini,” tuturnya.

Wartawan : Ilham Rasyid
Editor : Fitra Nugraha

TINGGALKAN KOMENTAR

20 + 13 =