Enam Menteri Baru, Jokowi Resmi Otak-Atik Kabinet Indonesia Maju

Enam Menteri Baru, Jokowi Resmi Otak-Atik Kabinet Indonesia Maju

0
BAGIKAN

Jakarta (22/12/2020) – Pertama kali setelah lebih dari setahun terpilih di periode kedua, Presiden Jokowi resmi mengotak-atik Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020). Dengan ditemani Wakil Presiden di Istana Negara, Presiden Jokowi menunjuk enam orang untuk mengisi jabatan dan mengganti posisi menteri.

“Pada sore hari yang berbahagia ini saya bersama-sama dengan bapak wakil presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju,” kata Jokowi saat siaran pers.

Utamanya, Presiden Jokowi mengisi dua jabatan yang saat ini kosong, yakni Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan. Tri Rismaharini ditunjuknya sebagai Menteri Sosial yang sebelumnya Jokowi menunjuk Muhadjir Effendy sebagai Menteri Sosial ad-interim, menggantikan Juliari Batubara yang tersandung kasus korupsi bansos COVID-19.

Baca Juga :   Membela Marwah Rakyat vs Melindungi Penguasa

Sementara kursi Menteri Kelautan dan Perikanan diisi oleh Wahyu Sakti Trenggono yang juga sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Wahyu ditunjuk setelah Menteri KKP sebelumnya, Edhy Prabowo, ditetapkan sebagai tersangka korupsi ekspor benih lobster oleh KPK.

Pejabat yang dicopot adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Setelahnya, Jokowi menunjuk Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Yaqut Cholil Qoumas (Ketua GP Ansor) sebagai Menteri Agama.

Menteri Perdagangan ditempati oleh M. Luthfi (eks Dubes Indonesia untuk AS). Kemudian Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin (eks Wamen BUMN) sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Jokowi mengatakan para menteri terpilih akan dilantik Rabu (23/12/2020).

Baca Juga :   MVM Foundation Gelar Pelatihan penyimpanan online dan wirausaha

“Pelantikan akan dilaksanakan Insyaallah pada besok pagi,” pungkas Jokowi. (MAS)

TINGGALKAN KOMENTAR

8 + 18 =