Dinas Pertanian Banten Berhasil Kembangkan Padi Varietas Unggul

Dinas Pertanian Banten Berhasil Kembangkan Padi Varietas Unggul

0
BAGIKAN
Foto: Kepala Dinas Pertanian Prov. Banten bersama rekannya dan petani memantau padi varietas unggul di Sawah Luhur / Fitra Nugraha

Serang – Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M. Tauchid mengapresiasi kinerja timnya yang berhasil mengembangkan padi varietas baru dan unggul. Padi tersebut bernama ‘Mustaban Agritan Varietas’ dan berada di Sawah Luhur, Kota Serang, Banten. Rabu (27/02/2019).

Menurutnya, padi jenis ini lebih muda waktu panennya dan lebih disukai konsumen.

“Mustaban Agritan Varietas ini juga merupakan hasil radiasi dengan sinar gamma dari varietas lokal kewal, yang sebelumnya berumur dalam menjadi berumur lebih genjah (118 hari) dan sangat disukai konsumen,” ujar Agus.

Keunggulan padi ini tahan terhadap Wereng Batang Coklat Biotipe 3, penyakit Hawar Daun Bakteri Patotipe III, Patotipe IV dan VIII, penyakit Blas Ras 033. Hal tersebut bisa membuat petani akan mendapatkan panen yang maksimal.

Baca Juga :   Unbaja akan Menggelar The First International Multidisplinary Conference on Education, Technology and Engineering (IMCETE) 2019

Agus juga menjelaskan, rasa nasi hasil varietas baru ini sangat pulen dan berharap hasil panen bisa 10,86 ton/ha.

“Rasa nasinya pulen dengan potensi hasil 10,86 ton/ha. Cocok ditanam di agro ekosistem sawah dataran rendah sampai 600 m dpl.” ungkapnya.

Meski demikian, Agus mengaku sekarang ini sedang melakukan penangkaran label putih (benih dasar) untuk menghasilkan label ungu, dari label ungu ditangkarkan kembali menjadi label biru (benih), lalu disebar untuk ditanami oleh petani.

 

Wartawan: Fitra Nugraha / Editor: Upit Fitria

TINGGALKAN KOMENTAR

nineteen − 3 =