Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Unbaja beri Keahlian pada Pokdarwis TAZGK

Adakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Unbaja beri Keahlian pada Pokdarwis TAZGK

0
BAGIKAN

Pandeglang – Tim Dosen Universitas Banten Jaya (Unbaja) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kaduengang Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang, (20/07/2019).

Kegiatan ini merupakan sinergitas antara Kemenristek Dikti, Unbaja dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Taman Alam Ziarah Gunung Karang (TAZGK).

Pelatihan diikuti oleh 30 peserta dari Pokdarwis TAZGK dimana peserta diberikan pengetahuan dan keahlian dalam memandu wisata dan pengemasan produk wisata desa Kaduengang.

Ketua Tim Dosen Unbaja Chotibul Umam mengatakan, “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan SDM (Sumber Daya Manusia) lokal dalam bentuk pelatihan kepemanduan wisata dan pengemasan produk wisata desa, mengingat desa Kaduengang memiliki potensi wisata alam, budaya sejarah, yang belum dikelola secara optimal,” imbuhnya.

Baca Juga :   Mahasiswa Pendidikan Sejarah UNTIRTA Gelar Pentas Seni Teater

“Selama ini pengunjung hanya terfokus pada dua titik kunjungan saja, sumur tujuh dan puncak gunung karang. Namun kurang menyentuh sisi lainnya, seperti jelajah desa yang dikemas dengan nilai-nilai edukasi berbasis kearifan local,” lanjutnya.

Sementara, Dani Arsani selaku ketua Pokdarwis TAZGK, berharap dari hasil kegiatan ini memberikan pengetahuan dan keahlian bagi anggota Pokdarwis dalam melayani wisatawan yang sesuai dengan standar pemandu wisata dan dapat memaksimalkan potensi desa wisata di Kaduengang.

“kedepannya dengan adanya wisatawan ke desa wisata ini akan berdampak secara ekonomi ke masyarakat juga memberikan kesadaran kemasyarakat bahwa pariwisata bukanlah kegiatan yang bersifat negatif,” ujar Dani.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari para praktisi pariwisata, Sudirman, Sumanta Wiria dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), penggiat youtuber pariwisata dan travel dalam pengemasan desa wisata

Baca Juga :   KPU Kota Serang dan UNBAJA Bangun Sinergitas Penyelenggaraan Pemilu

(Ilham/Fitra)

TINGGALKAN KOMENTAR

13 + nine =